Sebuah Tuntunan


Petang merangkak pelan menggapai magrib yang bergulung-gulung, senja tua meninggalkan jingga, meninggikan tasbih dalam hening, istigfar, hamdalah, untuk sehari umur yang tinggal jejak. Rambat-merambat pada akhir pertemuan, mengalun ayat-ayat suci, lembut, namun nyaris parau, bertumpang-tindih dengan suara teve dari ruang tengah, tak mau mengalah. Isya membuka pintu. Memberi ruang untuk menyendiri hingga hilang dahaga, walau separuh.

Tak seperti biasa, tetiba ada selintas ingin untuk merapikan kamar, kamarku sendiri. Menyapu pojok lantai, menata meja kecil dan sedang; tempat bercokol buku-buku, alat sholat, beberapa alat tulis dan beberapa tetek-bengek kesukaan. Malam tak mau peduli.

Aku membersihkan debu-debu yang menghinggapi buku-buku, ku periksa satu dua halaman sebelum kembali ditempatkan. Pada sebuah buku yang aku buka, sembarang, kuhanyutkan diri pada satu kalimat indah. Kurenungi. Kubaca berulang-ulang. Kuhafalkan dalam hati. Hingga beranjak tidur. Hening, kemudian. Aku tak faham bisa terjaga di sepertiga malam, hanya karena kerosak seekor kecoa—walau akhirnya akupun berterima kasih padanya—hingga beberapa saat hilang kantuk. Kuingat kembali satu kalimat yang kuhafal sebelum tidur. Sebelum melafalkan Al-Mulk dalam terpejam, yang tak sempat tuntas. Tak ada keraguan, “Sepertiga malam ini milikmu, jangan sia-siakan!” dan kulakukan yang terbaik;

“Ketika Allah menggerakkan hatimu untuk meminta, maka Dia hendak memberi”
Al-Hikam

Advertisements

About Zaharudin

Setiap Orang Adalah Raja
This entry was posted in Berbagi Pikir and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Sebuah Tuntunan

  1. luvzie says:

    “Ketika Allah menggerakkan hatimu untuk meminta, maka Dia hendak memberi”
    Al-Hikam
    dan bayi siapa itu di pp unyu2 banget?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s