Celoteh


Beberapa hari mengumpulkan materi untuk membuat artikel yang cukup berat, berdaya guna, serta enak buat dikonsumsi, mungkin akan melelahkan untuk sebagian orang (termasuk saya). Resiko yang dihadapi mulai dari insomnia, kurang nafsu makan, amnesia (lupa sama pacar sendiri –bagi yang punya pacar–) hingga yang lebih parah mungkin kram otak. Wajar bila Kang Haji Roma Irama pernah menciptakan lagu yang berjudul “Sorban Palid” Atau apalah judulnya saya kurang tahu, kira-kira liriknya kaya gini, “Yuk kita santai agar saraf tidak tegang..”. Yap. Bener banget teman-teman. Manusiawi sekali jika manusia membutuhkan istirahat, refreshing, hiburan dsb. Tapi ada sih orang yang justru malah merasa beruntung gara-gara kurang refreshing. Tuh contohnya Zamrud, sampai bisa bikin lagu yang judunya “Kurang Piknik”.

Mungkin ini saatnya bagi saya untuk berceloteh. Entah kenapa gurauan yang absurd belakangan ini menjadi trend dikalangan anak muda, bahkan levelnya dinaikan ke level obrolan. Mungkin anak muda kita terbawa angin Stand up Comedy yang salah penempatan situasinya. Atau mungkin mereka berambisi menjadi komik, ingin diteriakin orang-orang “Kompor Gas”. Mungkin juga akan berbangga hati bila ada orang yang nyumpahin mereka “… Neraka!” atau malah cengar-cengir sambil masang muka imut waktu orang-orang panik bolak-balik menjinjing ember-ember air sambil berteriak-teriak histeris “Kebakaraaan”.

Jika gurauan kadang absurd sih mungkin wajar-wajar aja kali ya.. tapi kalo obrolan yang sudah masuk kategori @KAU (silakan follow sendiri) alias Kumaha Aing Weh mungkin akan menimbulkan beberapa hal baru dari kelakuan ini. Hal baru disini bisa menjadi positif juga bisa negatif. Misalkan: Budi dan Badu yang baru beberapa hari saling kenal karena mereka kebetulan satu kantor. Senin pagi Budi menyapa temannya Badu yang baru saja tiba beberapa menit setelah bell masuk kerja berbunyi,

Budi “Hei Bad, kenapa napas kau terengah-engah begitu? Mandi keringat pula?
Badu “Tak apa-apa Bud, hanya saja tadi motor saya kehabisan bensin. Terpaksa deh
dua kilo meter terakhir saya dorong, Hehe..”
Budi “Kasiahan kali kau ini”

Obrolan ini tidak begitu menarik karena memang inilah obrolan yang umum dan wajar. Tapi bagaimana kalau obrolan ini diganti dengan yang tidak wajar atau bahkan mungkin kurang ajar? Mungkin ceritanya akan lain. Mari kita simak.

Budi “Hei Bad, kenapa napas kau terengah-engah begitu? Mandi keringat pula?”
Badu “Tadi pagi saya habis nelen kereta, Eh.. pas mau berangkat kerja, saya dijegal
oleh sekelompok massa, mereka sih ngakunya para penumpang kereta. Tapi
herannya kenapa mereka malah ngejar-ngejar saya, padahal saya pun senasib
dengan mereka, berangkat ngantor aja tadi jalan kaki.. Hmm.. Atau mungkin
mereka juga tiap hari hobinya ngejar-ngejar kereta api..? Untung saja saya ga
sampe ketangkep, mereka kan hobinya duduk di atap kereta.. Padahal
sebenarnya saya bingung Bud, nanti saya mau BAB dimana..?”
Budi “Hah..!? Kau mabuk Bud? Ngomong apa sih? Ga ngerti aku..”
Badu “Emang.. tadi siapa yang ngomong?” (mimik mukanya datar)
Budi “YA KAULAH.. SIAPA LAGI?” (naik pitam)
Badu “Yang ngomong ini mulut..” (candaan Fico)
Budi “SUKA-SUKA KAULAH!!”

Anda bisa membayangkan sendiri kelanjutan dari percakapan Budi dan Badu diatas. Candaan yang smart sekalipun akan kehilangan esensinya jika kita tidak smart dalam menempatkan diri. Apalagi gurauan pegat macam si Badu tadi. So. Teman-teman, tempatkanlah ke-absurd-an mu di tempat yang telah disediakan. Ingat, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Terima kasih.

About Zaharudin

Setiap Orang Adalah Raja
This entry was posted in Berbagi Cerita and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Celoteh

  1. Lusi says:

    haha…baru tau aku ada lagunya rhoma irama yg judulnya sorban palid…:-D

Leave a Reply

