Let’s Move On


Life must go on. Kalimat ini sering dijadikan pelipur lara, penyembuh luka, atau penyemangat diri bagi mereka yang telah mengalami kegagalan, baik anak muda yang tengah di dera patah hati, entrepreneur yang sedang diuji dengan kegagalan, para hard worker yang gagal dalam karir, dan sebagainya dan sebagainya. Tentunya saya tidak berharap jika kalimat tersebut menjadi tak lebih dari sebuah slogan atau hanya sekedar “ngabebenjokeun hate” yang hanya diketahui cangkangnya dan tak dimengerti isinya. Intinya, setiap orang yang pernah gagal ingin segera lepas dari keterpurukannya, segera bangkit dan meraih semua hal yang diimpikan, setuju kan teman-teman?! 🙂

Berbagai upaya bisa dilakukan untuk menghidupkan lagi spirit dan membangkitkan kembali semangat hidup. Tentulah kenal dengan tokoh-tokoh motivator seperti Mario Teguh, I Gede Prama, Bong Chandra, Ippho Santosa, dan masih banyak lagi. Silakan teman-teman mau pilih yang mana! (Hehe.. kaya jualan aja) Bukan hanya orang gagal dan patah hati saja yang berbondong-bondong menghadiri sukses seminar, orang biasa sampai orang luar biasapun menurut saya memerlukan hal serupa, karena pada dasarnya ada satu sisi manusia yang pada kondisi tertentu ternyata membutuhkan sebuah motivasi dari luar dirinya sendiri paling tidak untuk mempercepat penggapaian mimpinya. Maka tak heran jika buku-buku motivasi sering menjadi best seller, peserta yang menghadiri Golden Ways membludak, banyak orang rela membayar mahal untuk hadirnya seorang mentor dalam hidup atau usahanya. Fenomena yang indah menurut saya :), tapi tahukah Anda bahwa motivator terbaik adalah diri Anda sendiri! Tidak ada yang bisa merubah hidup Anda selain diri Anda sendiri, sebagaimana tersirat dalam Al-Qur’an Surat Ar-Ra’du ayat 11 “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

So, jika Allah saja yang jelas-jelas Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu belum akan merubah keadaan kita sebelum kita sendiri yang melakukannya, apalagi hanya seorang mentor, seorang penasehat, seorang motivator dan sebagainya. Tidak akan ada gunanya membaca puluhan buku motivasi kalau hanya pembenaran kondisi kita yang dicari. Tidak ada gunanya juga menonton Golden Ways setiap hari jika kita sendiri belum mau move on dan tidak segera memantaskan diri. Inilah kuncinya, move on, dan ini hanya bisa dilakukan oleh diri kita sendiri.

Teman saya berkata, “saya sedang mencoba bangkit satu dua langkah dari keterpurukan, tapi bayang-bayang masa lalu seperti hantu yang datang diwaktu yang tak diinginkan”.

Memang tidak mudah kawan, tapi kita bisa. Guru saya pernah bilang, “Tuntaskanlah masa lalumu, tuntaskanlah perasaannmu seluruhnya cukup hanya sampai disitu, bukan melupakannya, karna kamu tidak akan bisa lupa kecuali kamu hilang ingatan”

Selanjutnya mari kita hayati kata-kata indah yang saya kutip dari Novel Kimya Sang Putri Rumi, “…masa lalu adalah tukang sihir licik yang sangat tangguh. Jika kau tidak hati-hati, dia akan membujukmu untuk kembali ke masa lalu dan dia akan mereguk air murni kehidupanmu sendiri. Lantas, kau akan mendapati dirimu begitu hampa ditemani kabut mimpi yang melenakan.”

Kedua sumber ini saya rasa sudah cukup untuk menjawab kegalauan teman saya tadi, terakhir satu hal yang tidak kalah penting yaitu konsisten atau istiqomah. Saya mengambil sebuah filosofi dalam teknik bersepeda (mentang-mentang pecinta sepeda :D). Teknik sprint. Jika ingin menjadi yang tercepat, bungkukkan badanmu, turunkan kepalamu dan focuslah kedepan, angkat bokongmu dan letakkan diujung sadel (ini bukan saatnya untuk duduk santai diatas sadel), gunakan gear yang cukup berat untuk mengayuh lalu hentakkan kuat-kuat (jika otot-ototmu tidak ingin pegal, jangan harap), dan tetapkan rpm (putaran kayuhan kaki), jagalah rpm, sekali saja lalai maka kamu akan tertinggal.

Teman-teman bisa mencari makna sendiri dari filosofi ini 🙂

Advertisements

About Zaharudin

Setiap Orang Adalah Raja
This entry was posted in Berbagi Cerita, Berbagi Pikir and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Let’s Move On

  1. Lusi says:

    very very well said…

  2. Lusi says:

    ada lagunya jg…
    ‘what doesn’t kill you make you stronger, stand a little taller…’ 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s