Solusi untuk Bug Brightness pada Notebook Ubuntu Sony Vaio VPC Series


Selamat pagi teman-teman!

Pagi ini saya akan sharing pengalaman waktu pertama kali mencicipi Quantal Quetzal, terkait adanya bug pada pengaturan brightness pada beberapa hardware, khususnya pada jenis laptop seperti yang saya miliki.

Spesifikasi laptop saya sebagai berikut:
Sony Vaio VPCEG25EG E series
Intel® Core™ i3-2330M Processor 2.20 GHz
Intel® HD Graphics 3000 Memory 2048 MB

Karena bawaan laptop menggunakan Windows® 7 operating system, sayang juga lisensinya kalau kalau saya babat semua menggunakan Ubuntu, akhirnya dual boot menjadi pilihan.

Setelah selesai instalasi kejanggalan mulai terlihat, layar monitor tak mau merespon sedikitpun ketika saya menekan Fn+F5 atau Fn+F6, layar tetap pada brightness maksimum dan lumayan menyilaukan. Lansung saja saya tanya si Mbah 🙂 dan rupanya di forum-forum Linux dan Ubuntu hal serupa sudah mejadi Thread.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, tetapi sepertinya laptop saya belum mau berdamai hingga saya menemukan link ini

https://github.com/ricardodani/sony-vpc-brightness-linux

Beruntunglah kita berada di dunia Opensource yang selalu ada orang baik yang mau berkontribusi mengenai hal-hal seperti ini 🙂 Terima kasih banyak untuk mereka.

Selanjutnya silakan teman-teman unduh file sony-vpc-brightness-linux-master.zip dan simpan lalu ekstrak pada /home supaya lebih mudah diakses.
Tekan Ctrl+Alt+T untuk membuka terminal karena perintah-perintah ini hanya bisa dijalankan pada terminal.
Contoh penggunaannya sebagai berikut:

pict1

Angka 25 adalah persentase brightness yang akan digunakan, teman-teman bisa menggantinya sesuai keinginan, diantaranya:

$ sudo ./bright.py 50
$ sudo ./bright.py up
$ sudo ./bright.py down
$ sudo ./bright.py max
$ sudo ./bright.py min

Untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa membaca dulu petunjuk dari file README.md

Semoga bermanfaat, have a nice day, dan salam Opensource 🙂

About Zaharudin

Setiap Orang Adalah Raja
This entry was posted in Berbagi Ilmu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

