Command Basic di Linux


Apakah Kamu pecinta Linux? Atau Kamu pengguna Linux yang masih tergolong Newbie? Atau Kamu sedang mencari artikel referensi berkenaan dengan Linux? Jika semua jawabannya benar, mungkin artikel ini sedikit bisa lebih melepas dahagakan kehausan Linux Kamu. Berikut ini beberapa perintah dasar yang digunakan Linux:

1. Shortcut (Jalan Pintas)

Berikut beberapa perintah shortcut:

  1. Tab = Melengkapi kata (Tab Completion)
  2. Ctrl + L = Membersihkan layar
  3. Ctrl + U = Membersihkan baris pengetikan
  4. Ctrl + D = Log Out atau keluar dari sistem
  5. Ctrl + C = Menghentikan proses di konsole
  6. Ctrl + alt + del = merestart komputer
  7. Ctrl + alt + F1-F6 = Berpindah dari X ke Konsole
  8. Alt + F1-F6 = Berpindah antar terminal
  9. Alt + F7-F12 = Berpindah antar X Window aktif

2. Mencari Bantuan

Mencari bantuan adalah salah satu yang penting dalam penggunaan linux. Berikut ini beberapa program yang mungkin akan bisa membantu kita di kala kita tersesat:

  1. man = Membaca manual (help) suatu perintah program di shell.contoh : man ls
  2. info = Program ini, seperti halnya man juga akan memberikan bantuan untuk kita. Program ini akan memberikan dokumentasi yang berada dalam format info. Biasanya sangat lengkap. Contoh : info ls
  3. whatis = Program ini berguna bagi anda yang memerlukan suatu informasi yang ditampilkan secara singkat. Contoh : whatis ls

3. Informasi Sistem Secara Umum

Disini kita akan melihat informasi-informasi tentang sistem kita, informasi-informasi seperti versi kernel, arsitektur mesin, lamanya waktu nyala, biasanya diperlukan untuk tugas-tugas tertentu.

  1. uname = Program ini akan memberikan informasi sistem kepada anda. Informasi sistem yang ditawarkan, antara lain tipe mesin komputer, hostname, nama dan versi sistem operasi serta tipe prosesor yang kita miliki.contoh : uname -a
  2. date = Program ini akan memberikan infornasi tanggal dan waktu kepada anda.
  3. df = Program ini akan memberikan informasi tentang penggunaan disk space anda. Anda bisa melihat beberapa besar space yang telah terpakai pada device tertentu, termasuk sisa space pada device tersebut.
  4. du = Program ini akan memberikan informasi tentang penggunaan disk space untuk file (Direktori) tertentu. Bisa digunakan untuk mengetahui ukuran suatu direktori.contoh: du -s
  5. uptime = Program ini akan memberikan informasi tentang penggunaan lama sistem berjalan setelah terakhir reboot atau mati. Informasi yang akan diberikan berupa waktu sekarang, berapa lama sistem telah berjalan, berapajumlah user yang sedang melakukan login, dan load sistem sejak 1,5 dan 15 menit terakhir.
  6. w = Program yang memiliki nama program yang cukup aneh ini, memiliki banyak fungsi. w akan menampilkan informasi tentang apa yang ditampilkan oleh uptime, dan pada intinya akan menampilkan informasi tentang siapa saja yang sedang login dan apa yang sedang dikerjakan oleh mereka.
  7. who = Program ini, seperti bisa ditebak dari nama programnya, akan menempilkan siapa saja yang sedang login dan dari mana saja.
  8. whoami = Program ini, seperti halnya who, mudah ditebak fungsinya yaitu menampilkan informasi tentang user yang efektif pada sistem.
  9. free = Program ini memberikan informasi memori sistem yang telah terpakai dan yang masih belum terpakai. Menampilkan juga informasi tentang swap memory. Program ini juga akan menampilkan informasi tentang shared memory dan buffer yang digunakan oleh kernel.
  10. ps = Program ini akan memberikan informasi status proses pada sistem kita. Menampilkan berbagai informasi, di antaranya proses apa saja yang sedang aktif, siapa pemilik proses tersebut, berapa lama proses berjalan, sampai berapa nomor pengenal proses tersebut. Program ini sangat apabila sistem anda tiba-tiba mejadi lambat secara drastis.contoh : ps -aux
  11. top = Program ini memiliki fungsi yang sama denga ps, tetapi menawarkan interaktivitas yang lebih. dengan tampilan yang lebih menyenangkan, kita akan terasa lebih terbantu.sebenarnya fungsi program ini memberikan informasi proses- proses yang menduduki tempat ”teratas” dalam penggunaan CPU.
  12. kill = Program ini digunakan untuk menghetikan proses yang sedang berjalan. contoh: kill <sinyal> <pid>

Semoga bermanfaat  🙂

#referensi dari beberapa sumber

Advertisements

About Zaharudin

Setiap Orang Adalah Raja
This entry was posted in Berbagi Ilmu and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s